Minggu, 08 April 2012

Tips Meredakan Bad Mood or BeTe Part I

Advertiser

Tips Meredakan Bad Mood, kesempatan kali ini bahpong akan memberikan tips yang sudah ditunggu-tunggu. Pertengkaran dengan pasangan, isrti atau pacar (yang penting gak bertengkar dengan singa, bias-bisa hilang nyawanya) semalam bisa jadi terbawa hingga pagi hari bahkan mempengaruhi aktivitas pagi hari. Ya! Banyak hal-hal yang membuat perasaan dan suasana hati menjadi tidak enak. Seringkali kita tak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi (hilang ingatan akibat berkena boomerang panci semalam mungkin). Pokoknya, hati ini terasa ingin marah, cemas, jengkel dan bermacam-macam emosi negative (netthink) lain bercampur aduk (seperti gado-gado, segala macam dicampur jadi satu). Bahpong biasanya menyebutnya sebagai "badmood" atau lebih sering disikat BT.
Terlalu BeTe mau matahin pensil, tapi sayang pensilnya terlalu kokoh

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu kita meredakan "bad mood" atau BeTe:

  • Sadari bahwa kamu sedang mengalami badmood atau BeTe.
    Kunci utamanya adalah menyadari bahwa anda sedang dilanda gejolak emosi. Bila anda tahu anda sedang marah (gejala-gejala awal virus BT), setidaknya kamu bisa menolong diri sendiri (ngarep banget ada orang lain yang nolong, ogah!!!!) untuk meredakan kemarahan. Kalau kamu merasa suka tertawa dengan alasan yang tidak jelas, itu bukan Bete, wajib segera dilaporkan ke RSJ (Rumah Sakit Jiwa) bahwa pasiennya ada yang kabur.hehehehehe.
  • Tenangkan diri anda.
    Okay, kamu sudah sadar bahwa kamu sedang kebakaran dalam api "bad mood" (bukan kebakaran jenggot atau kumis). Sekarang, tenangkan diri kamu. Tarik nafas dalam-dalam berulang kali, relaksasi sederhana, misal, bernafas secara teratur sambil memejamkan mata, kalau perlu jangan bernafas selama 1 jam, pasti dijamin hilang badmood atau BeTe yang kamu rasakan.
  • Selesaikan persoalan anda sesegera mungkin.
    "Bad mood" biasanya disebabkan oleh adanya persoalan. Maka menyelesaikan persoalan adalah pemecahan yang jitu. Jika anda bertengkar, segera selesaikan, berdamailah dan saling maaf-memaafkan, cipika-cipiki. Bila anda berbeda pendapat dengan kolega atau atasan, lakukan diskusi dengan kepala dingin (kalo perlu di kompres es). Jika acara anda berantakan, lakukan janji ulang dan susun rencana baru. Jangan biarkan persoalan terus menggantung, itu memperpanjang penderitaan bad mood anda (kalo betah ya gapapa). 
  • Bergerak, bergerak, dan bergeraklah.
    Jangan berdiam diri. Bergeraklah. Lakukan olahraga ringan (seperti keliling lapangan sepak bola 2 putaran aja, pusg-up 50 kali, sit-up 40 kali). Buat diri kamu berkeringat dan lelah. Bila kamu diam saja, maka "virus" emosi akan terus menggerogoti pikiran anda dan membuat anda terbayang-bayang hal yang tidak-tidak (bayangin lagi kencan ama maria ozama gimana yak??). Bergerak, bergerak, dan bergeraklah kalo perlu jungkir balik, jungkir balik, jungkir balik.
To be continue . . . .
Sekian Tips Meredakan Bad Mood or BeTe Part I dari Bahpong, masih ada tips lainnya, nantikan saja Tips Meredakan Bad Mood or BeTe Part II, Part III, dst.


EmoticonEmoticon