Kamis, 11 Desember 2014

Blind Shoes, Sepatu Pintar untuk Tunanetra

Advertiser

bahpongdotcom – Blind Shoes, Sepatu Pintar untuk Tunanetra. Mas Naskan seorang warga Magelang dan lebih dikenal sebagai Dosen di STMIK AMIKOM Yogyakarta, akhir-akhir ini mas Naskan menjadi buah bibir di sosmed maupun berita-berita karena keberasilannya menciptakan "Blind Shoes", Sepatu Pintar untuk Tunanetra. Berangkat dari sebuah keprihatinan kepada seorang sahabat yang mengalami kebutaan, mas Naskan berhasil merancang dan menciptakan sebuah sepatu pintar yang ditujukan khusus untuk para penyandang disabilitas tunanetra.

Blind Shoes, Sepatu Pintar untuk Tunanetra
Blind Shoes, Sepatu Pintar untuk Tunanetra

Dikutip dari Liputan6, Blind Shoes ciptaan mas Naskan memiliki sebuah sensor yang akan membuat sepatu bergetar, ketika sang pengguna menemui rintangan saat berjalan. Rintangan seperti lubang, kendaraan, tembok, akan terdeteksi oleh sensor sepatu dan kemudian memberikan efek bergetar untuk memberikan peringatakan kepada pengguna. 
“Sensor tersebut akan bergetar ketika kawan-kawan tunanetra menemui rintangan pada jarak 80 cm hingga 1 meter serta ketinggian 15 cm seperti yang terdapat pada lubang atau pembatas trotoar,” kata mas Naskan dikutip NGONOO dari Liputan 6 Rabu, 3/12/14.
WOW keren kan??, sepatu pintar buatan mas Naskan memiliki single chip micro computer. Single chip micro computer inilah yang bertugas sebagai otak untuk kontrol dan penyimpanan data. Yang lebih keren lagi, ternyata baterai dari Blind Shoes bisa terisi secara otomatis.
“Blind Shoes dapat mengisi baterai dengan sendirinya melalui generator kinetik yang tersemat di bawah sol sepatu. Baterai akan terisi secara otomatis ketika pengguna melangkah. Dan baterai yang ada bisa digunakan sebagai powerbank untuk mengisi perangkat mobile,” kata mas lulusan STMIK AMIKOM Yogyakarta tersebut.

Blind Shoes, Sepatu Pintar untuk Tunanetra
Mas Naskan
Walaupun  Blind Shoes ciptaan mas Naskan masih berupa prototype dan masih dalam tahap pengembangan, namun kita berharap Blind Shoes bisa diproduksi masal untuk membantu para penyandang disabilitas tunanetra. Karena dalam prototype ini modelnya seperti untuk pria, kita juga belum tau apakah tersedia untuk wanita dengan model yang lebih feminim. 


sumber: http://ngonoo.com/2014/12/144838/orang-magelang-lulusan-amikom-ciptakan-sepatu-pintar-blind-shoes-untuk-tunanetra/


EmoticonEmoticon