Rabu, 17 Desember 2014

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang di Lereng Gunung Merapi

Advertiser

bahpongdotcom - Air Terjun Kedung Kayang berada di lereng Gunung Merapi dan memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Obyek wisata ini terletak 3 Km dari obyek wisata Gardu Pandang Ketep Pass, searah menuju Kabupaten Boyolali. Air terjun yang sangat indah dan sangat deras dan sangat hijau, karena kanan dan kiri air terjun kedung kayang masih berupa pepohonan. Air terjun yangberasal dari 4 mata air ini memiliki debit air yang deras sepanjang tahun dan bahkan dimusim kemarau pun masih mengalir. Akses ke objek wisata ini relatif mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan kondisi jalan beraspal yang relatif baik.  Pintu masuk ke lokasi ini dapat dari kota Muntilan, Salatiga atau Boyolali. Kedung Kayang terdapat keunikan dan keanehan tersendiri, yaitu bila di bulan Suro (muhharom) pada hari malam Jum’at Kliwon sering terdengar suara/ alunan Gamelan Jawa dan pada hari Kamis Wage semua kera-kera yang ada di sekitar Kedung Kayang berkumpul di atas air terjun tersebut. Dan masih banyak keajaiban yang lain yang sering ditemui oleh masyarakat setempat maupun pengunjung yang berada di Kedung Kayang (sumber : wisata wonolelo). 

air terjun,kedungkayang
Keindahan Air Terjun Kedung Kayang

air terjun,kedungkayang
Kedung Kayang
Lokasi Air Terjun Kedung Kayang:
Terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah.



air terjun,kedungkayang
Grojogan Kedung Kayang
Aksesbilitas Air Terjun Kedung Kayang:
Berjarak kurang lebih 19 km dari Blabak di jalur Blabak-Boyolali.  Wisata Grojogan Kedung Kayang ini searah dengan wisata Ketep di Sawangan.  Jadi sebelum naik ke Ketep ada jalan ke kanan yang menuju ke Selo - Boyolali, sekitar 5 -6 km dengan jalan yang berliku.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum ada dua jalur yang dapat digunakan untuk tiba disana.  Untuk jalur pertama, jika naik bus AKAP dapat turun di sebelah timur komplek Pabrik Kertas Blabag Magelang dan lalu naik angkudes jurusan Tlatar Sawangan. Setelah sampai di Tlatar  berganti angkudes jurusan Jrakah.  Sedangkan untuk rute kedua, dari bus AKAP dapat turun di terminal Muntilan kemudian berganti angkudes jurusan Pasar Talun. Setelah sampai di Pasar Talun, berganti angkudes jurusan Jrakah.

Setibanya di area obyek wisata ini akan ditemui pintu gerbang sederhana yang terletak pada jalan yang membelok, dimana di dekatnya terdapat jalan kecil menuju bumi perkemahan.  Kurang lebih 100 m selanjutnya akan di temui area parkir kendaraan.  Untuk menuju lokasi grojogan ini masih harus berjalan sekitar 15 menitan atau sekitar 200 m jaraknya. Dari tempat parkir ini sekitar 100 m  akan ditemui jalan percabangan 2, yang lurus dan ke kiri.  Untuk yang berbelok kekiri sedangkan yang yang lurus sejauh kurang lebih 1 km dengan cara memutar melewati persawahan dan aliran sungai.

Sesampainya di lokasi, dari tempat parkir masih harus jalan sekitar 15 menit  atau sekitar 200 m untuk benar-benar sampai di air terjunnya.  Ada dua jalur untuk menuju grojogan ini.  Yang pertama, jalan lurus langsung sehingga bisa melihat pemandangan grojogan dari atas dan bawah. Atau yang kedua, jalan ke arah kiri yang hanya bisa melihat pemandangan grojongan dari atas.  Kondisi ke dua jalur ini berliku dan sudah dibuatkan undakan, walau sebagian kecil belum ada pagar pengaman.

Sesampainya di Air Terjung Kedung Kayang Anda akan melupakan lelah dan perjuangan untuk mencapainya. Udara yang dingin, suasana yang tenang, air yang turun dari atas bukit, dan keindahan alam akan membuat Anda terlena dengan suasananya.

1 komentar so far

aku dah pernah kesini kakak, tempatnya bagus ya ternyata. Kunjungi blog saya ya kak :)

Catetantraveller.blogspot.com


EmoticonEmoticon