Kamis, 09 Juni 2016

Bagaimana Bisa Kurma Menjadi Ikonik dan Terkenal Hanya Saat Bulan Ramadhan ?

Advertiser

Berdasarkan Bandan Pusat Statistik (BPS) total nilai impor kurma Indonesia dari sejumlah negara naik signifikan, yaitu sebesar empat kali lipat di setiap bulan Ramadhan. Lalu kenapa kurma seperti buah musiman yang terkenal saat bulan Ramadhan saja?? Oleh masyarat Indonesia, kurma dikenal sebagai buah favorit saat berbuka atau sahur. 
buah kurma sangat terkenal
kurma dikenal sebagai buah favorit saat berbuka atau sahur
Inilah Alasan buah kurma sangat terkenal di bulan puasa:

  • Sunnah sunnah berbuka puasa dengan kurma
    Hadits diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Al-Baihaqi dan Al-Hakim. Menurut Al-Hakim, hadits ini shahih berdasarkan kriteria persyaratan Imam Al-Bukhari. 
“Apabila diantara kalian berpuasa, berbukalah dengan kurma, jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan air, sebab air itu suci”.
  • Dari hadits diatas, hendaknya berbuka puasa dengan memakan kurma, sebab terdapat barokah pada kurma. Kurma yang dimaksud adalah ruthab (kurma muda), namun bila tidak ada, maka kurma yang biasa, namun bila tidak ada juga, maka berbuka puasalah dengan air.

  • Sebagai Takjil 
    Karena rasanya manis, enak dan disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa, maka kurma sering digunakan sebagai Takjil berbuka puasa di masjid-masjid ataupun di rumah sebelum makan besar nantinya.

  • Kurma kaya hasiat, manfaat, dan gizi bagi tubuh.
    Masyarakat Indonesia sudah sangat mengenal buah kurma ini. Adapun buah kurma kaya akan serat yang bisa mencegah simbelit saat berpuasa, dapat membutuh bakteri yang masuk ke tubuh kita, mengurangi tingakat kolestrol serta merangsang enzim pencernaan di dalam perut.

  • Cepat membuat perut terasa kenyang
    Ketika berbuka puasa cukup dengan 3-5 buah kurma, perut kita terasa sudah terisi, ternyata hal iini desebabkan oleh sifat buah kurma yang mudah meleleh membuat mudah dicerna. Hal ini tepat dikonsumsi saat buka puasa karena organ pencernaan, khususnya lambung membutuhkan makanan lembut setelah sehari tak tersentuh makanan.

Tidak heran jika di saat Bulan Ramadhan buah kurma adalah pilihan primadona bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas menjalankan ibadah puasa, inilah yang menyebabkan permintaan kurma meningkat secara signifikan seolah buah kurma injadi ikon dan terkenal saat bualan puasa saja.


EmoticonEmoticon