Minggu, 05 Juni 2016

Biografi Luis Salom, Pembalap Moto2 yang Meninggal di Sirkuit Cataluna

Advertiser

Biografi Luis Salom,  Lahir di Mallorca pada tanggal 7 agustus 1991. Luis Salom pun meninggal dunia di usia yang terbilang masih sangat muda yakni 24 tahun. Meninggal karena kecelakaan tunggal karena tak bisa mengontrol motor yang ditungganginya pada tikungan ke 12 Sirkuit Cataluna, Spanyol dan menabrak tembok pembatas yang keras.
Biografi Luis Salom
Biografi Luis Salom
Perjalanan Karir Luis Salom di dunia balapnya dimulai sejak berusia 2 tahun, dimana dirinya sudah mengendarai moto PW50. Salom kemudian berkompetisi di ajang balapan lokal dan kemudian mengikuti ajang profesional pertamanya di ajang CEV series di 2007 dan juga Red Bull Rookies Cup. 

Debut kejuaraan dunianya di mulai pada tahun 2009 sebagai pembalap wild card di GP spanyol dengan mengendarai motor Honda 125cc dan meraih tempat ke 23, dan dia tetap membalap di sepuluh balapan terakhir di musim 2009, posisi terbaiknya di tempat ke 6 di GP Inggris.

Di tahun 2012 yang lalu, Salom mengemas 8 podium dan 2 kemenangan di 2012. Hingga akhirnya dirinya sukses berada di urutan ketiga ajang Moto3. Luis Salom kemudian sukses promosi ke Moto2 dengan bergabung dengan tim Sito Pons’Pagina Amarillas pada tahun 2014. Dimana dirinya berhasil menunjukkan kualitasnya dengan berhasil naik podium di seri ke 3 dan ke 6. 

Tahun 2016 merupakan tahun ketiga dirinya berkiprah di ajang Moto2. Dari keikutsertaannya di ajang bergengsi tersebut, dirinya sudah berhasil 9 kali naik podium dan pada tahun 2013 yang lalu nyaris menjuarai seri Moto3.


Penyebab terjadinya kecelakaan maut yang merengut nyawa Luis Salom, yakni bermula saat Luis Salom tak mampu mengendalikan motor nya saat memasuki tikungan ke 12. Motor dengan kecepatan tinggi ini, tak mampu bermanuver dengan baik sehingga laju motor yang seharusnya menikung, ini malah harus melaju lurus dengan kecepatan tinggi sampai harus menabrak dinding pembatas/pengaman.


EmoticonEmoticon