Minggu, 05 Juni 2016

Terungkap, Ternyata Lorenso yang Membuat Motor Rossi Mengepul di Mugello

Advertiser

Kejadian gagal finis gara-gara motor mengeluarkan asap pada lap 9 di race MotoGP Mugello Italia, saat tampil di depan publik sendiri jelas membuat Rossi kecewa. Rossi mengatakannya sebagai hal yang memalukan.
 Motor Rossi Mengepul di Mugello
 Motor Rossi Mengepul di Mugello
Ternyata Lorenso juga turut andil dalam kerusakan motor yang ditunggangi The Doctor, seperti yang dibeberkan anggota tim Yamaha.
"Anda harus ingat juga bahwa Rossi selalu melaju di belakang Lorenzo, hal ini mengakibatkan udara bersih tak dapat masuk untuk mendinginkan mesin, dan kebiasaan melaju di area slipstream juga mempengaruhi kinerja mesin " kata anggota tim Yamaha di Itawa yang membocorkan penyebab meledaknya M1 Rossi dalam balapan Mugello kepada MotorSport. 
Akibatnya mesin motor M1 Rossi tak mendapat udara bersih karena terhalang motor didepannya, menyebabkan mesin menjadi sedikit panas dan kurang pasukan sirkulasi udara langsung.

Analisis seperti yang dilansir eurosport.co.uk, penyebab asap mengepul yang terjadi pada sepedamotor Rossi, Yamaha M1 adalah pecah atau retak sehingga oli keluar dan otomatis menimbulkan keluarnya asap putih dalam jumlah banyak menjadi penyebab mesin motor Yamaha Valentino Rossi mengepul sehingga The Doctor gagal menyelesaikan lomba.

Baca Juga: Rossi Menang, Lorenso Jatuh di Race GP Catalunya 2016

Sedangkan dari Tim movistar Yamaha menduga ada kesalahan setelan dari tim mekanik yang diduga sudah overrev atau memodifikasi mesin terlalu ekstrem demi mendapatkan putaran mesin yang tinggi. Praktis, seperti dilansir motorsport, putaran tinggi bisa membuat motor lebih kencang. Sialnya, kondisi trek lurus sirkuit Mugello yang bergelombang membuat mesin motor cepat jebol. Diduga ban belakang bisa berputar hingga 380 km per jam saat ban kehilangan grip (ban terangkat). Ini menambah putaran mesin per menit sehingga 'menyiksa' mesin.


EmoticonEmoticon