10 Tempat Wisata Ini Wajib Anda Datangi Jika Ke Purworejo

Purworejo Berirama. Motto kabupaten Purworejo ini memang tak asing bagi Anda yang sering mengunjungi kota Purworejo. Kota yang masih memiliki keindahan alam nan asri ini memang menjadi kota yang sering diserbu oleh para wisatawan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Purworejo pada saat liburan, tidak cocok rasanya jika Anda tak mengunjungi 10 tempat wisata di Purworejo di bawah ini. 

1. Goa Seplawan

Foto : www.sedangliburan.com 
Wisata Goa yang terletak di Desa Danurejo, Kaligesing ini memang menjadi ikon populer dari Kabupaten Purworejo. Berada di ketinggian 800  meter di atas permukaan laut, Goa Seplawan menawarkan keindahan alam yang menarik bagi para pengunjung.

Perjalanan sejauh 20 kilometer dari pusat Kota Purworejo tak akan berarti apa-apa dibanding panorama alam yang ada di goa ini. Harga tiket masuk Goa Seplawan dibanderol sebesar 5 ribu rupiah. Konon, salah satu lorong yang ada di goa ini merupakan lorong suci yang berhubungan langsung dengan Nyi Roro Kidul. Mistis bukan?

Setelah puas menelusuri lorong goa yang dilengkapi aliran air, Anda dapat naik ke Gardu Pandang untuk menikmati hijaunya pegunungan yang terhampar luas. Tak hanya keindahan  alam, Goa Seplawan juga merupakan wisata bersejarah yang sangat sayang jika Anda lewati.

2. Hutan Pinus Kalilo

Foto : IG @onyone96
Tak beranjak dari Kaligesing, tepatnya di Tlogoguwo, Hutan Pinus Kalilo menjadi ikon tempat wisata di Purworejo selanjutnya. Rimbunnya pohon pinus yang menjulang tinggi dilengkapi dengan spot-sot foto cantik memang menjadi alasan Hutan Pinus Kalilo harus jadi kunjungan Anda.

Baru dibuka pada awal 2017, keasrian Hutan Pinus Kalilo memnag tak bisa dibantah lagi. Tiket masuk wisata alam Hutan Pinus Kalilo ini tak dipatok harga. Artinya, Anda tinggal memasukkan uang seikhlasnya di kotak yang telah disediakan. Jangan lupa membawa kamera jika pergi ke tempat ini, dijamin akan membuat feed instagram Anda lebih menarik!


3. Curug  Gunung Putri
Foto : beritadunia.net
Wisata air terjun (curug) yang menjadi andalan tempat wisata di Purworejo adalah Curug Gunung Putri. Berlokasi di Desa Cipedak, Kecamatan Bruno, wisata Curug Gunung Putri dapat Anda tempuh dengan perjalanan 20 km dari pusat kota Purworejo.

Rasa lelah menempuh perjalanan jauh Anda akan dibayar dengan keindahan aliran air terjun yang berada di tengah-tengah gunung ini. Wisata Curug Gunung Putri juga dilengkapi dengan keindahan Jembatan Awang-Awang yang merupakan jembatan gantung.

Kebersihan alamnya yang masih sangat asri dijamin tak akan membuat Anda menyesal berwisata di tempat ini. Tiket masuk yang ditetapkan pemerintah sangat murah yaitu hanya 5 ribu rupiah per orang. 

4. Pantai Jatimalang

Foto : www.teluklove.com
Vitaminsea memang menjadi obat wisata yang ampuh bagi kebanyakan orang. Tak melulu harus pemandangan alam hijau, tempat wisata di Purworejo yang satu ini memang menawarkan keindahan pantai pasir hitam yang tak biasa.

Berlokasi di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Pantai Jatimalang hanya berjarak 17 km dari pusat kota Purworejo. Wisata Pantai Jatimalang hanya mematok harga tiket sebesar 3.000 rupiah per orang. Keindahan sunset di pantai ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain itu, Pantai Jatimalang juga merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk dijadikan sarana rekreasi bersama keluarga Anda.  Bagi Anda yang tak ingin takut dengan ombak namun tetap ingin berenang, Pantai Jatimalang mempunyai fasilitas kolam warna-warni yang sangat menarik. Tak jauh dari Pantai Jatimalang, Anda akan menemukan Tempat pelelangan Ikan yang berasal dari nelayan Pantai Jatimalang.

Bagi Anda yang tak ingin berjalan kaki menelusuri pantai, jangan khawatir. Pantai Jatimalang menyewakan ATV (All Terrain Vehicle)  yang dibanderol dengan harga 20.000/15 menit.

5. Pantai Jetis

Foto : jenthikmanis.blogspot.com
Masih dengan nuansa pantai, wisata Pantai Jetis menjadi ikon populer tempat wisata di Purworejo selanjutnya. Salah satu spot yang sedang populer di wisata Pantai Jetis adalah adanya payung warna warni yang bergelantungan di pohon yang di desain untuk semakin memperindah lokasi wisata Pantai Jetis.

Wisata Pantai Jetis bersebelahan dengan Pantai Ketawang , tepatnya di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag. Pantai pasir hitam ini memang menawarkan keindahan pantai yang tak biasa. Banyak sekali sot-spot foto yang disediakan di Pantai Jetis. Seperti taman payung,ayunan di tepi pantai, dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda mengunjungi Pantai Jetis pada saat pagi atau sore hari untuk bisa mendapatkan keindahan sunrise maupun sunset di pantai ini.

6. Museum Tosan Aji

Berwisata tak harus selalu menikmati keindahan alam maupun pantai. Berwisata sambil belajar juga bukan ide buruk untuk mengisi akhir pekan Anda bukan? Terletak di pusat Kota Purworejo, Museum Tosan Aji memnag menjadi tempat wisata yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang tertarik dengan sejarah.

Jika Anda mengunjungi tempat wisata di Purwerjo ini pada tanggal 1 Sura. Biasanya akan diadakan ritual jamasan (penyucian) koleksi pusaka di museum tosan aji yang berjumlah lebih dari 1000 pusaka. Dijamin sakral!

7. Bukit Geger Menjangan

Wisata Bukit Geger Menjangan merupakan tempat wisata di Purworejo yang tergolong baru. Dengan ketinggian 175 meter di atas permukaan laut, menjadikan Bukit Geger Menjangan tak begitu sulit untuk didaki para pengunjung.

Dari lokasi ini, Anda dapat menikmati keindahan pegunungan Kaligesing yang dilengkapi aliran sungai Bogowonto. Direkomendasikan untuk berkunjung pada pagi hari karena keindahan sunsetnya akan semakin melengkapi panorama alam yang tersaji.

Berjarak 3 kilometer arah utara dari pusat kota Purworejo, Bukit Geger Menjangan juga dilengkapi dengan wisata religi makam Kyai Imam Puro dan makam Sunan Ngerang.

8. Curug Silangit

Kembali ke wisata air terjun, Curug Silangit yang berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing ini harus menjadi tempat wisata di Purworejo yang Anda kunjungi selanjutnya. Dengan biaya tiket masuk sekitar 3000 rupiah perorang, Anda sudah dapat merasakan sensasi kesegaran air dari Curug Silangit ini.

Untuk dapat sampai di Curug Silangit Anda harus berjalan masuk melalui bukit-bukit kecil. Namun jangan khawatir, kelelahan Anda akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat asri di sekitar Curug Silangit. Objek wisata yang ada di sekitar Curug Silangit diantaranya adalah Goa Anjani Curug Tawing.

9. Curug Muncar

Terletak 45 km dari pusat kota Purworejo, tepatnya di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, keindahan Curug Muncar tak boleh Anda lewatkan. Bagi Anda yang menyukai tracking  dengan disuguhi pemandangan alam nan asri, tempat wisata di Purworejo ini dapat Anda jadikan destinasi yang cocok.
Hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3000 rupiah, Anda sudah bisa memulai wisata tracking Anda yang menarik. Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit yang jalurnya masih sangat alami. 

Kesegaran air terjun dengan ketinggian 40 meter ini memang dapat dijadikan sebagai healing time bagi Anda yang bosan dengan tuntutan pekerjaan Anda.

10. Masjid Agung Purworejo

Penat dengan berbagai wisata alam yang cukup menguras tenaga? Anda dapat berkunjung ke masjid terbesar yang ada di Purworejo ini.Masjid Agung Darul Muttaqin ini dikenal sebagai masjid yang memiliki bedug terbesar di dunia. Bedug yang diberi nama Bedug Pendowo ini memang menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Berlokasi di dekat alun-alun kabupaten Purworejo, Masjid Agung Darul  Muttaqin merupakan salah satu wisata religi yang menjadi saksi bisu perkembangan Islam di tanah jawa.

Lets visit Purworejo!

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata Ini Wajib Anda Datangi Jika Ke Purworejo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel