10 Tempat Wisata Wonosobo Ini Dijamin Bikin Anda Mupeng! Ada Golden Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara

Bingung menghabiskan akhir pekan?? Jenuh dengan pemandangan kantor dan hiruk pikuk kota? Berwisata ke kota Wonosobo solusinya. Kota Wonosobo yang terletak di Jawa Tengah ini memang terkenal akan keindahan alamnya yang masih asri. Wonosobo akan menjadi tujuan sempurna para traveler yang  mencari pemandangan alam yang memiliki keindahan tak tertandingi.

Banyak sekali tempat wisata Wonosobo yang dapat Anda jadikan destinasi menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang pertama kali datang ke Wonsobo. Tujuan utama yang Anda datangi pastilah Dieng. Namun tahukah Anda berbagai tempat wisata yang ada di Dieng? Selain Dieng, tempat wisata Wonosobo mana saja yang  harus Anda kunjungi? 

Berikut ini rangkuman 10 tempat wisata Wonosobo terbaik yang harus menjadi list destinasi travelling Anda.

1. Bukit Batu Pandang Ratapan Angin

Popularitas Dieng memang sudah menjadi topik pembicaraan di mana-mana. Tak ke Wonosobo jika Anda tak pergi ke Dieng. Ya, kalimat ini memang sepenuhnya benar. Hampir separuh destinasi tempat wisata Wonosobo memang ada di wilayah Dieng.
Begitupun dengan wisata Batu Pandang Ratapan Angin. Harga tiket masuk wisata ini hanya 10 ribu rupiah per orang. Perjalanan menuju lokasi dapat ditempuh lewat dua jalur. Jalur pertama adalah jalur Telaga Warna. Jalur ini merupakan jalur resmi yang dikelola pemerintah. Jika Anda termasuk penyuka hiking, jalur ini lebih direkomendasikan untuk Anda. Jalurnya yang agak terjal dan menanjak dilengkapi dengan pepohonan hijau nan rimbun pasti akan menyegarkan mata Anda.
Jalur kedua adalah jalur Dieng Theater. Untuk menuju puncak batu pandang lewat jalur ini, Anda hanya cukup menghabiskan waktu tak lebih dari 15 menit. Namun jangan khawatir, di puncak Batu Pandang ini, Anda akan disuguhkan view luar biasa dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon.
Selain itu, tempat wisata Batu Pandang juga memiliki fasilitas rekreasi lain seperti flying fox, berbagai spot foto, dan juga Jembatan Merah Putih. Namun, jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika berfoto di daerah batuannya ya.

2. Telaga Warna dan Telaga Pengilon


Tak cukup hanya melihatnya dari atas bukit Batu Pandang, Telaga Warna dan Telaga Pengilon juga merupakan tempat wisata wonosobo yang recommended bagi para traveler. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan dua telaga ini. Telaga Warna dan Telaga Pengilon berlokasi di wilayah Desa Dieng Wetan,Kejajar.
Keunikan dari Telaga Warna sendiri adalah warna airnya yang dapat berubah-ubah karena kandungan sulfur yang ada di telaga ini. Sedangkan Telaga Pengilon memiliki keunikan airnya yang sangat jernih seolah-olah bisa digunakan untuk berkaca (pengilon).
Tiket masuk wisata ini berkisar antara 6000-8500 rupiah. Namun, selain dua telaga ini, lokasi wisata telaga warna juga dilengkapi dengan goa-goa alam di sekitarnya. Seperti Goa Pengantin, Goa Semar, Goa Jaran dan Goa Sumur.

3. Telaga Menjer

Tak jauh dari Dieng, Anda dapat mengunjungi tempat wisata Wonosobo yang cukup terkenal yaitu Telaga Menjer. Wisata yang terletak di desa Maron, kecamatan Garung ini terkenal akan kejernihan airnya dan juga hawa asri yang meliputi Telaga Menjer. Tiket masuk Telaga Menjer cukup murah, yaitu kurang lebih 3000 rupiah.
Anda juga dapat mengitari keindahan telaga dengan perahu yang disediakan oleh penduduk. Tarif berkeliling telaga menggunakan perahu dipatok Rp.10.000. Rugi jika tak kesini!

4. Bukit  Seroja

Foto : ngetripyuk.id

Pemandangan  Telaga Menjer kini dapat Anda nikmati dari atas Bukit Seroja. Dengan tiket masuk Rp.10.000 Anda dapat masuk ke tempat wisata Wonosobo yang berada di Desa Maron, Kecamatan Garung ini. Bukit Seroja memang memiliki banyak spot yang cantik jika Anda ingin memenuhi feed instagram dengan keindahan telaga maupun alam sebagai latarnya.
Tak  hanya disuguhkan keindahan Telaga Menjer saja, jika Anda berwisata ke Bukit Seroja, Anda juga dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang. Untuk naik ke atas bukitnya, Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 1,2 km yang dapat dilalui dengan sepeda motor, maupun jalan kaki bagi Anda yang ingin lebih menikmati keindahan Alamnya.
Ayo, perbarui feed instagram Anda dengan spot cantik Ini!

5. Wisata Alam Kebun Teh Tambi

Beranjak dari Dieng, tempat wisata Wonosobo satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan kebun teh secara langsung. Berlokasi di Tanjungsari, Sapuran, Wisata Teh Tambi memang sudah terkenal menjadi tempat wisata Wonosobo yang keindahannya tak diragukan lagi.
Wisata Kebun Teh Tambi juga menyediakan penginapan bagi Anda yang ingin merasakan bermalam di tengah-tengah kebun teh. Harga tiket penginapannya berkisar sekitar 300 ribu hingga 1 juta rupiah, tergantung fasilitas yang ditawarkan. Namun, Anda tak akan kecewa, menghabiskan malam bersama keluarga di tengah derik jangkrik dan sejuknya perkebunan tentu menjadi ide liburan yang menyenangkan bukan?

6. Bukit Sikunir

Foto: Halodieng.com
Bosan dengan tempat wisata yang tak memberikan tantangan apapun? Kalau begitu Anda harus mengunjungi tempat wisata Wonosobo yang satu ini. Terletak di desa tertinggi pulau jawa, yaitu desa sembungan. Membuat bukit Sikunir menjadi favorit para pendaki yang ingin menikmati golden sunrise terbaik se-Asia Tenggara .
Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk mendaki gunung dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut ini.  Jangan lupa membawa perlengkapan untuk menghangatkan tubuh Anda ketika berada di puncak Bukit Sikunir.

7. Gunung Prau

Tempat hiking kedua yang juga tak kalah populer dengan Bukit Sikunir adalah Gunung Prau. Tempat wisata Wonosobo ini berlokasi di Desa Patak Benteng,Dieng.  Tak hanya sunrise, di Gunung Prau ini, Anda juga dapat menikmati keindahan hamparan bunga daisy yang ada di Bukit Teletubbies. Bahkan ketika malam hari, hamparan milky way juga akan tersaji di depan mata Anda.
Untuk dapat mencapai puncak Gunung Prau, hanya dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja. Pos-pos peristirahatan juga disediakan ketika Anda mendaki Gunung Prau ini. Lets capture your moment with the nature’s  beauty of Mount Prau!

8. Waduk Wadaslintang

Terletak di Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, tempat wisata Wonosobo ini memang menjadi primadona bagi para penikmat waduk. Tak hanya disediakan keindahan alam dan perairan yang asri, Anda juga dapat memancing  dan mengitari keindahan waduk dengan perahu yang disediakan oleh masyarakat. Tiket masuk Waduk wadaslintang dibanderol 10 ribu rupiah saja.

9. Lubang Sewu

Tempat wisata Wonosobo populer selanjutnya adalah Lubang Sewu yang terletak di Erorejo, Wadaslintang. Wisata yang menawarkan keindahan batu karang ini memang baru diresmikan sejak tahun 2015. Keindahan batu karang di Lubang Sewu membuat wisata ini populer menjadi grand canyon kota Wonosobo.
Namun, jika Anda hendak berkunjung ke Lubang Sewu, sebaiknya hindari musim penghujan. Karena batu karang-nya akan tenggelam tertutup waduk.

10. Hutan Pinus Ropoh

Tempat wisata Wonosobo ini memang tergolong baru di telinga para wisatawan. Hutan Pinus Ropoh yang terletak di Desa Ropoh, Kecamatan Kepil ini memang baru terkenal di tahun 2017. Wisata Hutan Pinus Ropoh menawarkan keindahan pepohonan pinus yang rindang dan rimbun. Wisata ini juga terkenal dengan bukit selfie-nya.
Tak hanya berfoto, tempat wisata Hutan Pinus Ropoh juga sangat cocok bagi Anda yang ingin berpiknik bersama keluarga dan teman-teman Anda.

Wonosobo bukan hanya Dieng, mari jelajah lebih luas lagi! Dijamin Anda tak akan menyesal. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "10 Tempat Wisata Wonosobo Ini Dijamin Bikin Anda Mupeng! Ada Golden Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel