5 Cara Mengatasi dan Menghadapi Anak yang Cengeng

Cara untuk mengatasi atau menghadapi anak yang cengeng. Untuk bunda yang memiliki anak yang cengeng mungkin artikel in ibisa sedikit membantu. Sumber dari sebuah grub facebook yang membahas mengenai anak-anak, ada salah satu member grub tersebut curhat mengenai kondisi anaknya. Anak beliau laki-laki dan sudah berumur 5 tahun, dan anak beliau sangat cengeng, saking cengengnya dia menjadi bahan bully di sekolahnya dan teman bermainnya di rumah. Mungkin karena trauma di bully si anak enggan untuk bersekolah lagi. Dari kondisi yang dialami oleh anak beliau muncul beberapa cara mengatasi dan menghadapi anak yang cengeng berdasarkan pengalaman member lainnya.
Cara mengatasi anak yang cengeng
Cara mengatasi anak yang cengeng


Cara Mengatasi dan Menghadapi Anak yang Cengeng

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghadapi anak cengeng yang bersumber dari pengalaman-pengalaman orang lain.
  1. Masukan ke les karate, silat atau taekwondo
    Cara ini bertujuan agar si anak menjadi tambah percaya diri dan membuat mental anak menjadi sedikit berani, selain itu juga membuat anak sedikit demi sedikit menjadi mandiri.
  2. Jangan terlalu memanjakan
    Mungkin karena terlalu dimanja apabila keinginannya tidak dipenuhi maka si anak akan mengangis, dan menangis di jadikan senjata oleh si anak untuk mendapatkan apa yang dia mau, dan ini bisa menjadi kebiasaan lama-lama si anak menjadi mudah menangis atau cengeng.
  3. Memberikan sugesti
    Berikan sugesti kepada si anak bahwa dia itu kuat, hebat, anak laki-laki harus tangguh, karena dia nanti yang akan melindungi bundanya. Saat yang tepat memberikan si anak sugesti adalah saat dia hendak menangis atau mau tidur
  4. Peluk si anak
    Dengan memberikan pelukan saat anak hendak menangis akan membuat anak merasa aman, merasa ada yang menyayanginya, terlindungi, sehingga si anak sedikit demi sedikit akan berkurang cengengnya karena pada dasarnya si anak menangis itu merasa terancam dan tidak ada yang membelanya atau melindunginya.
  5. Dampingi si anak dan dengarkan keluh kesahnya
    Ajak anak mengobrol apa yang dia alami selama seharian tadi, jika ada masalah berikan penyelesaian, dan tenangkan hati si anak. Setelah itu ungkapkan bahwa bunda bangga kepada dia.
Itulah beberapa cara mengatasi dan menghadapi anak yang cengeng, bunda harus sabar karena cara diatas juga butuh proses, terus semangat mendampingi dan mensupport si anak.

Penyebab anak menjadi cengeng

Masih dari obrolan di grub facebook, ada beberapa pendapat yang dikemukakan penyebab si anak menjadi cengeng (hal-hal di bawah ini belum ada penelitiannya)
  • Waktu bunda hamil, bunda sering sedih dan menangis hal ini berpengaruh ke janin, waktu sudah lahir si anak menjadi pendiam, penakut, dan bahkan cengeng. Jadi banyak yang menganjurkan ibu hamil harus selalu bahagia agar janin juga ikut bahagia.
  • Terlalu memanjakan, karena terlalu dimanja apabila keinginannya tidak dipenuhi maka si anak akan mengangis, dan menangis di jadikan senjata oleh si anak untuk mendapatkan apa yang dia mau, dan ini bisa menjadi kebiasaan lama-lama si anak menjadi cengeng.
  • Kurang perhatian, si anak menangis agar mendapat perhatian.
  • Terlalu keras atau sering memarahi anak, si anak menjadi takut dan merasa terancam, ujungnya dia akan menangis.
Penyebab anak menjadi cengeng hanyalah pendapat saja cukup digunakan sebagai informasi karena belum terbukti secara klinis dan penelitian.

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi dan menghadapi anak yang cengeng, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi dan Menghadapi Anak yang Cengeng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel