Kisah Sukses Karoseri Bus Laksana dari Bengkel Hingga Berhasil Ekspor 1.034 Bus ke Luar Negeri

Kisah Sukses karoseri bus laksana yang dulunya hanyalah sebuah bengkel otomotif hingga sekarang membanggakan Indonesia dengan ekspor 1.034 bus ke Bangladesh. Setelah sebelumnya beberapa perusahaan Indonesia seperti PT PAL dengan ekspor kapal perang, PT INKA telah sukses ekspor gerbong kereta, dan PT DI berhasil ekspor pesawat, baru-baru ini karoseri  Laksana mengharumkan Indonesia dengan keberhasilannya ekspor 1.034 bus ke Bangladesh. Dengan ini menunjukan perkembangan kemandirian Indonesia di bidang transportasi (bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat). Untuk bus memang mesin masih didatangkan dari luar negeri, namun untuk body dan interiornya sudah mampu di produksi dalam negeri.
Kisah Sukses Karoseri Bus Laksana
sumber gambar: Otoniaga.com


Kisah Sukses Karoseri Bus Laksana 

Mungkin karoseri laksana masih asing di telinga kita, dan baru-baru ini mendengan dari pemberitaan di media Nasional. Siapa sangka dulunya hanya sebuah bengkel otomotif sekarang mampu mengekspor 1.034 bus ke Bangladesh. Pak Yusuf Arman mendirikan CV Laksana  pada tahun 1967 merupakan bengkel otomotif yang beralamat di di Jalan Raya Ungaran Km 24,9 Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

CV Laksana mengalami perkembangan, pada tahun 1977 terbentuknya pisi manufaktur body otomotif dengan produk minivan Mitsubishi T-120. Area karoseri  CV Laksana yang semual hanya 1.000 meter persegi diperluas hingga 40.000 meter persegi di tahun 1988.

Perjalan karoseri CV Laksana tidaklah mulus seperti yang dibayangkan, pada tahun 1998 karoseri laksana juga terkena imbas jatuhnya kondisi perekonomian Indonesia dan Global sehingga mau tidak mau harus mengurangi setengan karyawan mereka. Pada tahun 2000 seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya permintaan bus dari dalam negeri, CV Laksana memanggil kembali karyawan yang dirumahkan pada tahun 1998.

Prestasi Karoseri Bus Laksana 

Pada 2008, CV Laksana meraih sertifikasi ISO-9001 dengan produk unggulan Legacy SR dan disempurnakan menjadi Legacy SR1 (Sky). Ternyata pada tahun 2009 karoseri CV Laksana telah berhasil mengekspor Legacy SR1 (Sky) ke Kepulauan Fiji. Dan yang terbaru dan menjadi hot topik adalah keberhasilan karoseri CV Laksana mengekspor 1.034 bus ke Bangladesh. 

sumber: finance.detik.com dan www.kompasiana.com/ratusiti

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Karoseri Bus Laksana dari Bengkel Hingga Berhasil Ekspor 1.034 Bus ke Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel