Kisah Sukses Pengusaha Bus PO Haryanto, Dulunya Anggota TNI

Kisah sukses pengusaha bus PO Haryanto yang dulunya adalah seorang anggota TNI. Waktu mudik dan balik lebaran kemaren pasti pernah melihat bus PO haryanto yang mempunyai tujuan ke atau dari Jakarta, bus PO Haryanto ini sudah primadona para perantau ibukota dan cukup terkenal di kalangan busmania karena termasuk bus artis dan mempynyai nama lain bus pak kopral bagi para busmania. Sebutan bus pak kopral melekat karena pemilik bus ini yaitu Pak Hati Haryanto sebelumya adalah anggota TNI dengan pangkat terakhir Kopral Kepala.
Sumber Gambar: imgrum.org

Kisah sukses Haji Haryanto pengusaha bus mantan anggota TNI

Pak Haji Haryanto lahir di Kudus, Jawa Tengah merupakan anak keenam dari sebelas bersaudara dan orang tuanya buruh tani. Beliau sebenarnya mempunyai cita-cita sebagai anggota TNI. Pak Haji Haryanto waktu remaja ternyata cukup bandel, beliau tidak menyelesaikan Sekolah Teknik Menengah (STM) dan memilih mengadu nasib ke Tangerang dengan tekat kuat "Saya akan mengubah nasib" mungkin itu yang ada di benak beliau. Cita-cita waktu kecil pun terwujud Pak Haji Haryanto berhasil menjadi anggota TNI.

Usai menjalankan kewajibannya sebagai anggota TNI, pada malam harinya beliau meluangkan waktu untuk menarik angkot. Pada 1984, Pak Haji Haryanto nekat membeli 1 unit angkot buatan Daihatsu bermodal uang tabungan yang kurang dari Rp 1 juta dan beliau sendiri yang menyopiri angkotnya tersebut dengan rute Pasar Anyar-Serpong. Uang hasil menarik angkot beliau sisihkan untuk ditabung dan jika sudah cukup uang tersebut dibelikan angkot baru lagi untuk di sewakan.

Tahun 1990 Pak Haji Haryanto membuka showroom yang khusus menjual angkot dari beragam karoseri, uniknya showroom ini tidak membutuhkan banyak modal, Modalnya hanya kepercayaan," ucap Bapak Haji Haryanto. Ternyata usaha ini cukup sukses.

Selain itu sejak 1990-2000 beliau juga menjadi perwakilan bus PO Sumber Urip. Dan dari usaha-usaha tersebut Pak Haji Haryanto bisa memiliki banyak angkot yang dia beli dari laba usaha-usaha diatas.

Di tahun 2002, Pak Haji Haryanto mengundurkan diri sebagai anggota TNI dengan pangkat terakhir Kopral Kepala, dan pada tahun itu juga beliau merintis usaha bus dengan nama PO Haryanto yang awalnya rute Cikarang-Cimone kelas ekonomi non-AC ekonomi. Namun rute ini sepi penumpang, kemudian beliau beralih ke bus eksekutif dengan rute Jakarta-Kudus, Jakarta-Jepara, dan Jakarta-Pati.

Berkat ketekunan kepimpinannya sekarang bus PO Haryonto sudah memiliki ratusan bus dengan berbagai rute dan tujuan, dan selalu ramai oleh penumpang dan menjadi primadona para perantau ibukota ataupun para busmania. Kesuksesan yang beliau raih tidak membuatnya lupa untuk bersyukur kepada Yang Maha Memiliki, beliau mempunyai program untuk karyawannya yang berprestasi dengan hadiah ibadah haji ke Mekkah Gratis.

Sumber : TVRI Nasional

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Pengusaha Bus PO Haryanto, Dulunya Anggota TNI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel