10 Tempat Wisata Di Majalengka Ini Membuktikan Keindahan Bumi Yang Tak Ada Bandingannya

10 tempat wisata di Majalengka. Berjarak 187 km dari kota Bandung, kamu dapat menemukan serpihan surga dunia di Majalengka. Salah satu kabupaten di Tartar Pasundan ini memang menjadi destinasi yang menarik bagi para pengunjung yang berlibur ke Jawa Barat. Berbagai destinasi wisata menarik di kabupaten majalengka memang tak pernah membuat kamu menyesal untuk mengunjunginya.

Yuk, intip 10 tempat wisata di Majalengka yang dijamin akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan.

1. Lembah Panyaweuyan

Bukit Panyaweuangan Majalengka
sumber gambar : blog.reservasi.com
Tempat wisata di Majalengka ini harus menjadi destinasi wisata wajib bagi kamu yang berkunjung ke Majalengka. Terletak di Desa Sukasarikaler, panorama dari Bukit Panyaweuangan ini pasti akan membuat kamu terkagum-kagum.
Hanya berjarak sekitar 20-22 km dari pusat kota Majalengka, pesona bukit Panyaweuyan dapat kamu nikmati dengan perjalanan lancar sekitar 60 menit. Direkomendasikan bagi kamu untuk mengunjungi Lembah Panyaweungan di pagi atau sore hari. Kabut yang menyelimuti hijaunya bukit terasering Panyaweuyan dijamin akan membuat kamu merasa seperti berada di luar negeri. Dari bukit Panyaweuyan, kamu juga dapat menikmati keindahan Gunung Cermai. Recommended!

2. Jembar Water Park

Wahana air yang dapat ditempuh sekitar 15-30 menit dari perempatan kadipaten ini merupakan tempat wisata di Majalengka yang sangat cocok bagi kamu yang ingin berekreasi. Berlokasi di Desa Ranji Selatan, Kecamatan Kasokandel, wisata ini juga dapat ditempuh menggunakan angkutan umum jurusan kadipaten-cirebon.
Kolam renang dengan tema dinosaurus ini memang sangat cocok untuk dijadikan wahana bermain khususnya anak-anak. Jember Water Park juga menyediakan berbagai sewa seperti sewa pakaian renang, sewa ban dan juga sewa ban.
Tak hanya untuk anak-anak, Jember Water Park yang memiliki suasana khas pedesaan dengan dikelilingi pepohonan rimbun ini juga cocok untuk kamu yang ingin mengahabiskan akhir pekan dengan bersantai bersama rekan kerja maupun rekan kuliah. Harga tiket masuknya dibanderol 20 ribu rupiah per orang. Murah bukan?

3. Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung Majalengka
fokus-cirebon.blogspot.com
Destinasi tempat wisata di Majalengka yang selanjutnya yaitu Kebun Teh Cipasung. Tempat wisata yang berbatasan dengan Tasikmalaya ini terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, 59 km dari arah pusat kota Majalengka.
Untuk dapat sampai di wisata kebun teh seluas 58  hektar ini, Anda disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Meskipun jalannya yang terjal dan naik turun, semua ketegangan itu akan terbayar dengan pemandangan indah kebun teh yang sangat luas dan sejuk.
Tiket masuk Kebun Teh Cipasung ini dikenakan tarif 3500 rupiah per orang. Pada saat tertentu, jika beruntung kamu akan bertemu dengan petani-petani yang sedang memetik teh.

4. Taman Nasional Gunung Ceremai

Taman Nasional Gunung Ceremai merupakan taman konservasi yang ditujukan untuk melindungi kekayaan lingkungan dan hayati yang ada di wilayah Gunung Cermai. Biasanya Taman Nasional Gunung Cermai dijadikan sebagai jalur para pendaki ketika hendak mendaki Gunung Cermai.
Taman Nasional Gunung Ceremai juga memiliki berbagai keindahan diantaranya air terjun Ciremai, telaga remis, sumber air panas alami, dan lain sebagainya. Sangat cocok bagi kamu yang suka hiking.

5. Situ Sangiang

Tempat wisata di Majalengka yang menjadi andalan selanjutnya adalah Situ Sangiang. Berjarak 27km dari pusat kota Majalengka, Situ Sangiang terletak di desa sangian, kecamatan banjaran. Selain wisata danau, kompleks wisata Situ Sangiang juga menawarkan wisata makam Sunan Parung, salah satu raja dari kerajaan Talaga Manggung.
Luas Lokasi wisata Situ Sangiang berkisar 105 hektar, dengan luas Situ Sangiang sendiri mencapai 14 hektar. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kamu dikenakan tarif 3000  rupiah per orang. Disarankan bagi kamu untuk membawa kendaraan pribadi karena belum ada akses umum untuk dapat mencapai Situ Sangiang.
Keunikan dari Situ Sangiang adalah jika ada ikan yang mati di danau tersebut, maka cara penguburannya sama dengan manusia. Penduduk daerah Sangian bahkan tak pernah berani mengambil ikan yang ada di situ Sangiang sehingga tak heran ikan yang ada di situ sangiang memiliki ukuran yang tak biasa.
Selain itu, pengunjung  juga dilarang berenang, memancing, membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya. Keunikan selanjutnya dari Situ Sangiang yaitu ketika kemarau airnya akan bertambah, sedangkan musim penghujan airnya akan berkurang, Tertarik untuk membuktikan?

6. Situ Cipadung

Situ Cipadung adalah satu-satunya waduk di Majalengka yang  dapat disusuri keindahannya menggunakan perahu. Danau yang terletak di Pajajar,Insrakila,Sindang ini hanya membanderol. Tiket dengan tarif 10 ribu rupiah per orang.
Air danau yang bening dan dan suasana alam yang asri memang sangat cocok untuk berwisata. Apalagi ditambah dengan menyusuri danau menggunakan perahu, menarik bukan?

7. Curug Sempong

Curug Sempong pasti tak akan asing di telinga para traveler yang mengunjungi Majalengka. Curug yang berlokasi di Desa Cisempong, Sidamukti ini memang menjadi tempat wisata di Majalengka yang menjadi primadona. Wisata ini selalu ramai baik di hari biasa apalagi di hari libur.
Selain air terjunnya yang menyegarkan, di Curug Sempong ini kamu juga dapat berenang karena di bawah curug tersedia kolam alami yang cukup luas. Warna airnya yang jernih ini membuat keindahan Curug Sempong ini tak ada duanya. Harga masuk tiket Curug Sempong hanya 5000 rupiah per orang.

8. Museum Talaga Manggung

Museum yang terletak di desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga ini merupakan bukti kejayaan Majalengka di masa lalu. Tempat wisata di Majalengka yang satu ini memang menjadi wisata edukasi tujuan bagi para pengunjung.
Berbagai peninggalan kerajaan Majalengka seperti kereta kencana, alat kesenian, peralatan perang, dan lain-lain mewarnai isi museum talaga manggung. Untuk biaya masuk ke Museum Talaga Manggung tak dipatok harga resmi artinya Anda membayar secara sukarela. Ayo isi akhir pekan kamu dengan wisata edukasi di Museum Talaga Manggung.

9. Curug Muara Jaya (Curug Apuy) 

Curug Muara Jaya Majalengka
sumber gambar: posjabar.com
Jawa Barat memang dikenal dengan lokasi wisata danau (situ) dan curugnya. Tempat wisata di Majalengka yang harus kamu kunjungi selanjutnya adalah Curug Muara Jaya. Terletak di Kampung apuy, Argapura, Curug Muara Jaya yang hanya berjarak 23 km dari pusat kota Majalengka.
Curug Muara Jaya merupakan curug tipe cascade atau jenis air terjun yang bertingkat. Jumlah keseluruhan tinggi air terjun ini adalah 73 meter. Curug Muara Jaya terbagi menjadi 2 tingkat, tingkat pertama dengan ketinggian 60 meter dan tingkat kedua dengan tinggi 13 meter.
Harga tiket masuk Curug Muara Jaya adalah 6000 rupiah per orang. Curug Muara Jaya memiliki keindahan alam yang masih sangat asri dan menyejukkan. Curug ini juga biasa digunakan penduduk sebagai upacara Pareresan , upacara ritual untuk merayakan keberhasilan panen.

10. Cadas  Gantung

Tempat wisata di Majalengka yaitu Cadas Gantung terletak di Mirat, Leuwimunding.  Wisata alam tebing ini memang sedikit agak susah untuk dijangkau. Namun, ini justru akan menguji adrenalin anda bagi para penyuka tantangan. Keindahan alam di Cadas Gantung ini tak kalah menarik dengan Tebing Keraton Bandung.
Keindahan sunset dari Cadas Gantung tak akan mengecewakanmu. Keanekaragaman hayati di alam Cadas Gantung juga merupakan faktor yang dapat menarik perhatian pengunjung. Di Sekitar Tebing Cadas Gantung terdapat dataran landai bagi kamuyang ingin menunggu sunset sembari berpiknik.

Sudah menentukan ingin pergi ke mana saja jika berkunjung ke Majalengka? Semoga informasi ini membantu kamu, terima kasih sudah berkunjung, baca juga tempat wisata di Wonosobo.

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata Di Majalengka Ini Membuktikan Keindahan Bumi Yang Tak Ada Bandingannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel