Cara Mencegah Kerusakan Rambut Setelah Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang banyak disukai orang, baik wanita maupun pria selain praktis dan ekonomis, berenang juga bagus untuk tubuh. Berenang menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, membantu membakar lemak, dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Dengan berenang, semua otot yang ada dalam tubuh juga akan ikut bergerak sehingga bisa memperkuat otot-otot tersebut, oleh karenanya banyak wanita untuk menjaga bentuk tubuhnya rutin melakukan olahraga berenang.

Di balik ada manfaat yang bisa didapat dari berenang, tapi ada juga kekurangannya. Apa? Sejumlah orang mengeluh bahwa setelah berenang rambut akan menjadi kering dan kusam sehingga membuat tampilan rambut jadi tidak sehat. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan klorin dalam kolam renang yang bisa mengurangi minyak alami yang ada pada rambut sehingga menyebabkan kerusakan pada kultikula. Nah ini yang menjadi efek samping buat para wanita yang senang dengan olahraga berenang, harus memperhatikan rambut setelah berenang demi kecantikannya. Bagi kamu yang gemar berenang jangan khawatir rambut akan menjadi rusak, ada cara untuk mencegah kerusakan rambut tersebut.
Cara Mencegah Kerusakan Rambut Setelah Berenang
Rambut sehat (sumber gambar: portal.tahupedia.com)


Mencegah kerusakan rambut setelah berenang

Bagaimana? inilah 5 cara untuk mencegah kerusakan rambut setelah kamu berenang :

  1. Memakai pelindung rambut
    Untuk mencegah kerusakan rambut setelah berenang, kamu bisa memakai topi renang untuk menjaga dan meminimalisir kontak rambut dengan kandungan kimia yang ada di dalam kolam renang. Namun sebelum memakainya, alangakah baiknya membasahi rambut dahulu dengan air keran. Rambut yang dibasahi dahulu lebih kecil kemungkinannya untuk menyerap air kolam yang mengandung klorin.
  2. Memakai pelembap rambut
    Jika tak ingin memakai topi renang, maka kamu bisa memakai pelembap rambut dahulu sebelum masuk ke dalam kolam renang. kamu bisa mengoleskannya secara merata ke seluruh rambut. Memakai pelembap bisa membantu menghalangi kontak langsung rambut dengan zat kimia yang ada di di kolam renang.
  3. Membilas dengan air keran
    Begitu selesai berenang, kamu bisa langsung membilas rambut dengan air bersih dari keran. Jangan menunda hal tersebut agar rambut tidak terkontaminasi bahan kimia lebih lama yang bisa merusak rambut. Namun, pakaikan juga sampo dan kondisioner yang tepat agar rambut bisa menjadi lembut dan sehat kembali.
  4. Jangan menggosok rambut dengan handuk
    Untuk mengeringkan rambut sebaiknya jangan menggosok-gosokkannya dengan handuk. Lebih baik kamu menepuk atau menekan rambut dengan lembut saja. Jika sudah digsok dengan handuk, maka kamu bisa langsung membiarkannya saja agar kering secara alami. Bila ingin cepat kering, maka kamu juga bisa menggunakan alat pengering rambut pada pengaturan menengah atau dingin agar rambut tak semakin rusak.
  5. Menggunakan sisir bergigi jarang
    Alangkah baiknya menyisir rambut setelah berenang dengan sisir bergigi jarang saja. Tujuannya adalah untuk mencegah kerontokan dan patah-patah. Sebelum disisir, kamu juga bisa memakaikan vitamin rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Demikianlah cara untuk mencegah kerusakan rambut setelah kamu berenang. Meskipun kamu sangat menyukai olahraga yang satu ini, namun jangan sampai mengorbankan rambut sehat dan indah yang dimiliki. Lakukan cara di atas jika ingin rambut tetap sehat dan tidak rusak. Selain menjaga kecantikan tubuh dengan berolahraga, ada baiknya kamu juga mengkonsumsi makanan untuk menjaga kulit kamu. Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

0 Response to "Cara Mencegah Kerusakan Rambut Setelah Berenang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel