Cara Mengobati Bisul Pada Kepala Bayi yang Hilang Timbul

Cara mengobati bisul pada kepala bayi, artikel ini berdasarkan curhatan ibu-ibu di grup facebook dimana beliau merasa sudah melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan bisul pada bayinya yang masih berusia 4 tahun. Adapun cara yang digunakan beliau untuk menghilangkan bisul antara lain berobat ke dokter, ke tukang urut, menggunakan minyak kelapa, salep item namun hasilnya bisul hilang timbul lagi.
Ada beberapa tanggapan, namun tanggapan dari admin grup facebook tersebut mungkin adalah solusi yang tepat untuk masalah yang dialami oleh ibu tersebut.
cara mengobati bisul pada bayi
cara mengobati bisul pada bayi


Yang perlu diperhatikan untuk mengatasi bisul pada kepala bayi

Ada beberapa hal yang perlu bunda perhatikan dalam mengatasi bisul pada kepala bayi, antara lain:

  • Menyembuhkan bisul tidak bisa dengan di urut, jadi bunda tidak perlu mengurut bayinya jika muncul bisul di kepala bayi
  • Hindari mengoleskan minyak kelapa, karena itu semakin membuat area bisul lembab dan kuman semakin senang berdiam disana. Selain itu lembab juga menghambat pori-pori pada kulit si bayi.
  • Menggunakan salep item, jika memang rujukan dokter, namun perlu diperhatikan beberapa hal-hal sepele namun penting misal saat akan mengoleskan salep item ke kepala bayi tangan haruslah steril dan luka bisul harus dibersihkan dahulu sebelum mengoleskan salep item
  • Jangan terlalu memberikan obat pada area bisul karena kulit bayi seperti "dipaksa" beradaptasi dengan obat-obat yang bunda oleskan pada area bisul, kemungkinan terburuk bukannya malah sembut tapi membuat semakin lama bisul sembuh dan bisul berpindah ke bagian lain.

Pada umumnya bisul pada bayi bukan kondisi yang membahayakan dan bisa sembuh dengan sendirinya.
Meski tidak membayakan dan bisa sembuh sendiri, buda harus tetap waspada terhadap munculnya bisul di kepala bayi, seperti

  • Jika letak bisul nya tumbuh di wajah bayi, terutama jika berada di sekitar kedua mata.
  • Apabila bisul tidak sembuh dalam kurun waktu dua minggu dan bisul bertambah banyak muncul baik di kepala ataupun badan
  • Muncul gejala-gejala seperti demam.
  • Kulit bayi yang terkena bisul bertekstur kenyal atau lembut ketika disentuh.

Jika gejala-gejala diatas muncul lebih baik di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat untuk bayi bunda.

Beberapa tips mengobati bisul pada bayi


Lakukan tips berikut untuk mengobati bisul pada bayi agar cepat sembuh:
  1. Siapkan kompres yang direndam air hangat.
  2. Letakkan perlahan ke daerah bisul pada bayi.
  3. Lakukan hal ini 3-4 kali setiap hari.
  4. Saat bisul sudah pecah, segera bersihkan dengan cara menghilangkan nanah pada kulit bayi menggunakan sabun antiseptik
  5. Kemudian tutupi luka dengan perban steril.
  6. Utamakan kebersihan tangan ibu atau tangan siapapun yang bersihkan bisul bayi..
  7. Dengan mencucinya sampai bersih sebelum menyentuh kulit si bayi/anak.
  8. Perlu disiapkan handuk yang bersih (steril) dan pastikan mencuci perlengkapan mandi serta tidur bayi setelah digunakan agar bisul tidak menular kemana-mana. Yang perlu bunda ketahui adalah bisul yang pecah jika tidak segera ditangani bisa menulari anggota tubuh yang lain pada bayi ataupun kepada orang lain.
  9. Dilarang untuk memecahkan bisul dengan paksa ataupun dengan benda-benda keras, karena bisa menjadikan infeksi, biarkan saja bisaul pada bayi pecah sendiri kemudian bersihkan kulit bayi bunda.

Semoga dengan tips diatas bisul pada bayi bunda cepat hilang.

Tips mencegah bisul pada kepala bayi

Daripada mengobati lebih baik mencegah agar bisul tidak timbul pada bayi, berikut beberapa tips mencegah supaya bayi tidak terkena bisul:

  • Jaga kebersihan lingkungan dimana bayi berada.
  • Usahakan mencuci tangan ketika hendak kontak fisik dengan bayi, misalnya saat mau menggendong bayi, memberi makan bayi, dan memeluk bayi.
  • Segera bersihkan dengan air hangat jika kulit bayi mengalami luka terbuka seperti tergores ataupun lainnya, karena luka terbuka adalah jalan masuk bagi kuman dan bakteri. Nah, kuman dan bakteri inilah yang bisa menimbulkan infeksi pada tubuh bayi, untuk mencegah infeksi secara otomatis tubuh si bayi akan mengirimkan sel darah putih. Hal itu bisa menyebabkan kumpulan sel-sel darah putih, sel-sel kulit mati, dan bakteri yang telah mati inilah yang membentuk nanah dan memicu bisul pada bayi.
Sekian informasi mengobati/menyembuhkan/mengatasi bisul yang muncul pada kepala bayi, dan sedikit tips untuk menceganya. Baca juga tips mengatasi anak yang cengeng bun. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

0 Response to "Cara Mengobati Bisul Pada Kepala Bayi yang Hilang Timbul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel