Ini 6 Tips Menjalankan Bisnis Reseller Supaya Sukses

Zaman terus berubah dan dunia usaha pun terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Ada banyak sekali faktor yang dapat menyuburkan dunia bisnis di era yang semakin modern ini. Tentu saja faktor tersebut tidak luput dari yang namanya teknologi. Dimana, berkat kemajuan teknologi, segala informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Jika dulunya, untuk memulai sebuah bisnis harus menyediakan modal yang besar, izin usaha, peralatan dan perlengkapan kantor, gaji karyawan, dan lain sebagainya, sekarang kamu tidak memerlukan hal itu lagi karena ada bisnis online yang cukup menjanjikan.

Untuk memulai bisnis online, kamu tidak perlu memproduksi sendiri barangnya. Ya, kamu bisa bekerja sebagai reseller yang menjual kembali barang ataupun jasa yang berasal dari produsen, supplier, ataupun reseller yang lainnya. Kamu pun tidak perlu memiliki keahlian yang khusus dalam berbisnis yang terpenting adalah mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi dan memiliki peralatan yang diperlukan seperti smarthphone dan kuota.
tips menjalankan bisnis reseller agar sukses
sumber gambar: cianjurindonesia.com
Reseller menjadi bisnis yang sedang booming di tanah air. Ya, hal ini karena kemudahan yang ditawarkan dan juga keuntungan yang didapatkan. Kamu hanya perlu memilih supplier yang terpercaya dan kemudian menyediakan stock barang untuk dijual kembali. Ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan dari menjalankan bisnis sebagai reseller.

3 keuntungan memilih menjalankan bisnis reseller

Berikut ini adalah beberapa keuntungannya yang bisa kamu dapatkan:

  1. Tidak perlu membuat produk sendiri
    Banyak orang yang terlalu dibuat pusing dengan produk apa yang akan dibuat untuk memulai sebuah usaha. Hal ini terkadang membuat orang tidak jadi memulai usaha karena terkendala dengan ide produk yang akan dibuat dan bingung bagaimana cara membuatnya.
    Nah, bisnis reseller ini memberikan kemudahan bagi kamu, dimana tidak perlu membuat produk sendiri yang akan boros modal dan belum tentu laku. Kamu hanya perlu mengambil barang yang dari suplier kemudian menjualnya kembali.
    Bisa dibilang bahwa bisnis minim modali, hanya membutuhkan smarthphone dan kuota yang notabenya sudah banyak orang yang memiliki dan juga sedikit modal untuk membeli barangnya.
    Kamu pun tidak perlu ribet mempersiapkan segala sesuatunya karena menjadi reseller sangatlah mudah dan tidak perlu izin usaha ataupun tempat usaha. Banyak orang yang terbukti sukses menjalankan bisnis ini, jadi tunggu apalagi. 
  2. Bisa menjual di website toko online
    Berjualan di toko online memang menguntungkan, terlebih lagi jika kamu menjualnya di toko online yang sudah terkenal. Ada banyak sekali website toko online tanah air maupun luar negeri. kamu bisa memilih sesuka hati. Namun, alangkah lebih baik jika memilih website toko online yang sudah profesional agar terhindar dari berbagai masalah dan keuntungan yang didapat juga semakin banyak. 
  3. Managemen resiko bisa dikelola sendiri
    Kamu dapat mengatur sendiri bisnis yang dijalankan tanpa ada campur tangan orang lain. Ya, kamu memposisikan diri sebagai bos yang harus bisa mengatur bisnis ini dengan baik agar terhindar dari resiko kerugian. Semua kendali ada di tangan kamu dan kamu pun bebas menjalankan strategi bisnisnya.
    Pastikan kamu selalu mengecek persediaan barang agar si pembeli tetap bisa membeli barang sesuai yang diinginkan. Kepuasan pembeli merupakan hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis ini karena bisnis akan bangkrut jika tidak ada yang mau beli.
    Kamu juga dapat mematok harga sendiri sesuai dengan pertimbangan untung yang telah dibuat. Lebih patoklah harga yang tidak terlalu tinggi agar dapat dijangkau oleh pembeli. Jangan lupa pula untuk memilih produk yang berkualitas agar pembeli merasa puas.

Nah, setelah melihat keuntungan dari reseller tersebut, pasti kamu penasaran kan bagaimana cara menjalankan bisnis ini supaya sukses? Untuk itu, simak informasi menarik berikut ini.

 6 tips menjalankan bisnis reseller supaya sukses

Berikut beberapa tips agar bisnis reseller yang kamu jalankan bisa sukses:

  1. Pilih produsen atau suplier yang terpercaya
    Memilih produsen ataupun suplier menjadi hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis ini. Dimana, bisnis yang dijalankan tergantung dari supliernya. Sukses dan tidaknya bisnis reseller juga tergantung dengan supliernya.
    Sebaiknya, pilihlah suplier yang terpercaya yaitu yang sudah terkenal dan menawarkan produk dengan harga miring namun berkualitas baik. Tak sulit untuk menemukan suplier dengan tiper tersebut, kamu tingga searching saja di Google dengan keyword yang tepat dan nantinya akan muncul beberapa daftar suplier yang kredible.
    Untuk menentukan baik dan tidaknya suplier tersebut, kamu bisa melihatnya dari kolom komentar. Carilah yang memberikan pelayanan maksimal dan fast respon dalam menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan. 
  2. Pelayanan maksimal
    Pembeli adalah raja dan kamu wajiib memberikan pelayanan yang maksimal agar mereka puas. Jika pembeli bertanya, maka jawab dengan cepat, jelas, dan tuntas. Perhatikan pula waktu pengiriman barang, jangan sampai terlambat karena pembeli enggan untuk membeli barang di tempat kamu lagi.
    Kualitas kemasan juga menjadi point penting yang harus diperhatikan, karena ada beberapa pembeli yang mementingkan hal tersebut.
  3. Jangan mematok harga yang terlalu mahal
    Untuk awal menjalankan bisnis, jangan mematok harga yang terlalu mahal terlebih dahulu, fokus utamanya yaitu mencari banyak pembeli. Jadi, patoklah harga yang wajar namun tetap menguntungkan bagi kamu sebagai pelaku bisnis reseller.
    Dengan harga yang tidak terlalu mahal, tentu banyak menarik minat para pembeli untuk membeli barang tersebut.
  4. Disiplin dan konsisten
    Jalankanlah bisnis kamu dengan disiplin dan konsisten, jangan hanya semangat di awal saja dan ditengah-tengah loyo. Dalam berbisnis, dibutuhkan semangat kerja yang menggebu-gebu karena ini mengangkut dengan masa depan kamu.
    Dimana, seorang wirausaha harus memiliki sifat yang pantang menyerah dan berani mengambil resiko terhadap bisnis yang dijalankannya. Sifat tersebu harus konsisten dan tidak boleh naik turun karena akan berdampak buruk pada bisnis kamu.
  5. Maksimalkan sosial media
    Sosial media memiliki peran yang sangat penting bagi bisnis reseller. Dimana, produk yang kamu jual akan lebih dikenal oleh masyarakat melalui sosial media. Sosial media juga memiliki jangkauan yang luas sehingga produk kamu akan dikenal dari seluruh penjuru negeri bahkan sampai luar negeri pula.
    Buatlah iklan yang menarik, storytelling, endorser, dan lain sebagainya untuk menarik minat pembeli dan jangan lupa untuk memaksimalkan jumlah follower yang kamu miliki.
  6. Managemen uang
    Sebagai seorang bos di usaha yang kamu kelola, penting sekali untuk kamu belajar mengenai managemen keuangan. Pengelolaan uang yang baik akan menentukan sukses tidaknya bisnis reseller yang kamu jalankan. 
    Belajarlah cara membuat pembukuan yang baik. Tak perlu kompleks, cukup yang sederhana saja yang terpenting adalah kamu memahaminya. Ingat, pembukuan sangatlah penting dalam menjalankan sebuah usaha, untuk itu kamu perlu mempelajarinya.

Nah, setelah menyimak beberapa tips sukses menjalankan bisnis reseller tersebut, semoga wawasan kamu bertambah dan lebih mantap untuk menjalankan bisnis yang begitu menjanjikan ini. Sudah banyak sekali yang sukses dengan bisnis reseller dan bisnis dropship dan sekarang giliran kamu membuktikan kepada mereka bahwa kamu bisa sukses dengan menjalankan bisnis reseller.

0 Response to "Ini 6 Tips Menjalankan Bisnis Reseller Supaya Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel