Terlengkap! Cara Isi Saldo E-Toll di Berbagai Merchant

Uang elektronik dewasa ini sudah semakin digandrungi untuk dijadikan sebagai alat pembayaran yang praktis. Berbagai restoran maupun tempat lainnya pun memberikan kemudahan dengan menerapkan sistem pembayaran menggunakan uang elektronik, tak terkecuali pembayaran jalan toll.
Pembayaran toll dengan menggunakan uang elektronik disebut dengan pembayaran e-toll. Nah dengan pembayaran menggunakan sistem elektronik ini pastinya Anda harus terus memastikan jika kartu e-toll Anda memiliki saldo yang mencukupi.

Bagaimana apabila saldo e-toll terlanjur tidak mencukupi padahal sudah mendekati gerbang toll? Tak perlu khawatir karena pemerintah sudah menerapkan cara isi ulang e-toll melalui berbagai merchant yang sudah bekerja sama. diantaranya melalui Bank, ATM, minimarket, halte Transjakarta, marketplace, bahkan di gerbang toll sendiri.

Lalu bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi saldo e-toll? Berikut penjelasannya:

  1. Via Toko Modern Fastpay
    Anda bisa mengisi saldo e-toll di outlet Toko Modern Fastpay terdekat.
    Untuk Anda yang sudah memiliki Bisnis Toko Modern Fastpay, Kini Anda bisa melayani Top Up Saldo GRAB & OVO Lho! Hanya dengan menggunakan Aplikasi Fastpay Mobile maupun Dekstop. Kebutuhan Pelanggan Anda untuk Isi Saldo GRAB & OVO sekaligus bisa langsung teratasi!
  2. Via ATM dan Bank
    Berbagai jenis bank kini sudah bekerja sama dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pengisian saldo uang elektronik. Bank yang bisa Anda gunakan diantaranya Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI dan BTN. Pastikan terlebih dahulu jika ATM yang Anda datangi pada mesinnya  memiliki scanning logo untuk e-money.
    Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan memasukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin ATM kemudian menekan 6 digit PIN ATM untuk bisa masuk dan mengakses berbagai jenis menu.
    Kemudian setelah itu tekan menu uang elektronik dan dilanjutkan dengan memilih menu top up. Lalu masukkan nominal yang Anda inginkan untuk mengisi saldo uang elektronik tersebut. Untuk nominal yang tersedia adalah Rp.50.000 hingga Rp.500.000 . namun untuk melakukan pengisian dengan nominal lain, maka Anda hanya perlu memilih menu jumlah lainnya.
    Agar cara isi saldo e-toll bisa berhasil, Anda perlu menempelkan kartu e-toll yang Anda miliki pada tempat scanning khusus untuk uang elektronik tersebut. Selanjutnya maka mesin akan mendeteksi kartu dan melakukan pengisian ulang secara otomatis. Anda diminta untuk menunggu beberapa saat hingga proses pengisian saldo selesai. Ambil struk yang keluar dari mesin dan simpan sebagai bukti pembayaran.
    Untuk melakukan top-up Anda tidak akan dikenai biaya administrasi jika nominal top up di bawah Rp. 200.000. sedangkan untuk top up diatas nominal tersebut akan ada biaya administrasi yang dibebankan sebesar Rp.750.
    Sedangkan apabila Anda menggunakan jaringan ATM bersama pada bank yang lainnya, maka biaya administrasi yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp. 1.500. sebagai catatan, jangan pernah memasukkan kartu e-toll ke dalam slot kartu debit atau ATM karena hal ini bisa menyebabkan mesin ATM error akibat dari kartu e-toll yang tertelan.
    Selain ATM, Anda juga bisa melakukan pengisian ulang saldo e-toll dengan langsung mendatangi Bank. Langkahnya, Anda hanya perlu mendatangi teller lalu sampaikan jika Anda ingin melakukan permohonan pengisian kartu e-toll. Nantinya teller akan membantu proses tersebut sesuai prosedur yang ada.
  3. Via Minimarket
    Cara isi saldo e-toll kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi minimarket. Tentunya cara ini akan lebih praktis karena Anda hanya perlu membawa kartu e-toll dan uang tunai saja. Minimarket yang sudah bekerja sama untuk melakukan pengisian e-toll antara lain Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Circle K dan juga Lawson.
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan langsung mengunjungi gerai minimarket terdekat. Segera menuju kasir dan pastikan terlebih dahulu apakah minimarket tersebut menerima transaksi top up e-toll atau tidak.
    Jika ya, maka serahkan kartu e-toll tersebut kepada petugas kemudian sebutkan berapa nominal yang hendak Anda isikan. Setelah itu petugas kasir akan langsung memproses transaksi Anda dengan menggunakan mesin EDC yang tersedia.
    Apabila transaksi sudah selesai dilakukan, maka Anda akan diminta untuk membayar sejumlah nominal transaksi ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp. 1.000. jika sudah membayar, kasir akan mengembalikan kartu Anda dan memberikan struk sebagai bukti pembayaran yang harus Anda simpan.
  4. Halte Transjakarta dan Stasiun KRL
    Apabila sedang dalam keadaan mendesak, jauh dari ATM ataupun minimarket, cara isi saldo e-toll juga bisa Anda lakukan dengan melalui halte transjakarta dan juga stasiun KRL. Karena ternyata kartu e-toll juga bisa digunakan untuk membayar kedua transportasi tersebut.
    Anda bisa langsung menuju ke loket halte transjakarta maupun loket di stasiun KRL kemudian serahkan kartu e-toll dan mintalah untuk melakukan pengisian saldo. Anda perlu menyebutkan berapa nominal saldo yang ingin Anda isikan.
    Kemudian petugas akan segera melakukan pengisian sesuai dengan nominal yang sudah Anda sebutkan. Anda hanya perlu membayar dengan tambahan biaya administrasi sebesar Rp. 1.500 saja. Ambil struk dan kartu e-toll Anda kembali, maka transaksi sudah selesai. Mudah sekali bukan?
  5. Gerbang Toll
    Ketika Anda tidak memiliki waktu untuk berhenti hanya sekedar mengisi saldo e-toll, maka cara isi saldo e-toll bisa Anda lakukan langsung di gerbang toll. Namun hanya beberapa gerbang toll saja yang bisa melakukan transaksi ini khususnya Jabodetabek dan Pulau Jawa. Anda bisa mengisi saldo di gardu toll keluar yang memiliki tanda Top up e-money.
    Cara yang harus Anda lakukan adalah hanya dengan memberikan kartu e-toll kepada petugas sembari menyebutkan berapa nominal yang Anda kehendaki untuk top up. Sedangkan untuk biaya administrasi, akan langsung terpotong saat proses top up tersebut secara otomatis.
  6. Tokopedia
    Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar melakukan pengisian ulang e-toll di ATM, Bank maupun minimarket tak perlu lagi khawatir. Karena Anda bisa melakukannya melalui Tokopedia.
    Sekarang Tokopedia sudah menyediakan layanan cara isi saldo e-toll dengan mudah dan hanya memerlukan beberapa klik saja. Belum lagi tersedia beberapa pilihan nominal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
    Yang pertama tentunya Anda perlu membuka aplikasi tokopedia terlebih dahulu untuk kemudian pilih menu top up lalu masukkan nominal sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika nominal yang dipilih sudah benar-benar sesuai, mka Anda hanya perlu klik tombol bayar/beli kemudian ikuti transaksi berikutnya hingga transaksi tersebut bisa terselesaikan.
    Sedangkan untuk metode pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk melakukan top up e-toll di Tokopedia pun sangat bervariasi. Bisa dengan BCA KlikPay, Mandiri e-cash, Virtual Account, Mandiri ClickPay bahkan pembayaran bisa dilakukan dengan OVO.
  7. Bebas Bayar
    Jika Anda merupakan pengguna dari aplikasi bebas berbayar, maka kabar baik yang Anda dapatkan adalah aplikasi tersebut sekarang sudah bisa digunakan sebagai cara isi saldo e-toll Anda. namun hanya melayani top up saldo e-toll mandiri saja. Bagaimana caranya?
    Setelah masuk ke aplikasi tersebut Anda menjumpai beberapa opsi di halaman utama, klik menu lainnya lalu klik top-up e-money dilanjutkan dengan klik saldo e-toll mandiri. Masukan 16 digit nomor e-toll yang Anda miliki kemudian nominal yang Anda inginkan. Klik beli, maka secara otomatis saldo e-toll Anda akan bertambah.
Nah demikian beberapa langkah serta cara isi saldo e-toll yang bisa Anda lakukan. Namun sebagai saran tambahan, setelah Anda melakukan pengisian ulang saldo e-toll Anda, segera melakukan pengecekan melalui handphone sebelum Anda meninggalkan loket pengisian.

Pastikan transaksi sudah berhasil dan saldo Anda sudah bertambah. Karena biasanya, komplain setelah meninggalkan loket pembayaran sudah tidak bisa diterima. Semoga bermanfaat.

Info Tambaham, kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari Fastpay adalah dengan media yang berupa aplikasi, maka penggunaannya lebih mudah dan efisien, hanya dengan sekali klik saja, saldo bisa masuk ke E-Toll card Anda.

Tak sampai disitu saja, aplikasi Fastpay ini juga tak hanya untuk mengisi saldo E-Toll saja, namun bisa untuk melakukan transaksi lainnya seperti isi pulsa, membayar tagihan listrik, air dan lainnya, bahkan untuk membayar cicilan.

Untuk mempermudah perjalanan Anda maka jangan sampai kehabisan saldo E-Toll Card. Jika sewaktu-waktu kehabisan dan sedang dalam perjalanan, maka bisa menggunakan aplikasi seperti Fastpay untuk mengisi saldo.

Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI
peluang usaha, bisnis ppob, bisnis online


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel